Roma Hajar Genoa 3-1


AS Roma melanjutkan momen kebangkitan di Serie A dan sukses mengepak kemenangan ketiga secara berturut-turut dengan menaklukkan Genoa 3-1 di Olimpico, Senin (4/3) dinihari WIB.

Penalti Francesco Totti sekaligus gol ke-225-nya di Serie A membuka skor untuk Tim Serigala. Gol Marco Borriello, juga lewat titik putih, memastikan babak pertama berkesudahan 1-1. Tiga angka penuh disegel oleh Roma setelah Alessio Romagnoli dan Simone Perrotta menyusul jejak Totti membobol gawang Sebastien Frey usai istirahat.

Hasil ini membawa klub ibu kota menanjak ke urutan ketujuh klasemen dengan nilai 43, menyalip Catania yang sebelumnya dikalahkan FC Internazionale 3-2. Sedangkan Genoa tetap di posisi 17, berselisih lima poin dari zona degradasi.


Babak Pertama
Kesempatan perdana dalam duel di Olimpico ini jatuh untuk kubu tamu pada menit ketujuh. Gelandang Slowakia, Juraj Kucka, memaksa Maarten Stekelenburg beraksi menyelamatkan gawangnya lewat tembakan jarak jauh.

Tak mau kalah, Roma ganti menggeber serangan dan mengkreasikan dua peluang yang semuanya melibatkan Vasilis Torosidis. Yang pertama bek sayap Yunani itu mengirim umpan silang yang gagal dijangkau Pablo Osvaldo, sementara yang kedua tembakan Torosidis usai menerima bola dari Erik Lamela melenceng dari sasaran.

Kebuntuan skor pada akhirnya terpecahkan sesaat setelah laga melewati seperempat jam. Aksi Daniele De Rossi di kotak penalti dihentikan secara ilegal oleh Cesare Bovo. Wasit Andrea Gervasoni tanpa ragu menunjuk titik putih.

Melangkah sebagai algojo, sang kapten Francesco Totti sukses menjaringkan gol meskipun arah tendangannya terbaca oleh kiper Sebastien Frey. Berkat torehan ini, Er Pupone sukses menyejajarkan diri dengan Gunnar Nordahl di posisi kedua daftar topskorer abadi Serie A sebanyak 225 gol.
Tertinggal, Il Grifone meningkatkan intensitas tekanan. Serangkaian peluang diciptakan melalui upaya Cesare Bovo, Juan Vargas, sampai dua kans Andrea Bertolacci yang digagalkan dengan cemerlang oleh Stekelenburg.

Kiper Belanda itu akhirnya harus bertekuk lutut tiga menit jelang istirahat lewat eksekusi penalti Marco Borriello. Tendangan 12 pas diberikan Gervasoni setelah sang bomber dilanggar oleh Nicolas Burdisso. Dengan statusnya sebagai eks Roma, Borriello menolak merayakan gol penyama kedudukan Genoa tersebut.

Babak Kedua
Roma tampil lebih garang setelah istirahat. Mereka langsung berupaya mendobrak dan memperoleh dua peluang yang sayangnya gagal dituntaskan dengan sempurna oleh Osvaldo. Usaha keras Tim Serigala akhirnya membuat mereka kembali unggul 2-1 menginjak menit ke-58.

Bek belia Alessio Romagnoli, yang untuk pertama kalinya turun sebagai starter dalam balutan seragam Merah-Kuning, berhasil mencatatkan nama di papan skor usai menanduk masuk tendangan penjuru Totti.

Seperti di babak pertama, Genoa memperlihatkan respons positif setelah tertinggal. Setidaknya dua kans emas dihasilkan pasukan Davide Ballardini untuk kembali menyamakan kedudukan. Namun, tendangan kencang Juan Vargas melambung terlalu tinggi sementara sepakan Bertollaci usai menerima bola dari Ciro Immobile mentah oleh penyelamatan Stekelenburg.

Di lain pihak, skuat Andrea Andreazzoli sendiri berupaya menambah keunggulan, tapi tembakan Osvaldo setelah berhasil melewati hadangan bek Daniele Portanova masih melebar, sementara tendangan Totti dari luar kotak bisa diblok barisan pertahanan tim tamu.

Perjuangan Genoa untuk menciptakan gol balasan secara virtual berakhir setelah mereka kehilangan Kucka, yang menerima kartu kuning kedua di menit ke-78 menyusul pertengkaran sengit dengan Totti. Er Pupone sendiri juga diganjar hukuman serupa, tapi itu baru ammonito pertamanya di laga ini.

Unggul jumlah pemain, Roma akhirnya mengunci kemenangan 3-1 berkat sumbangsih Simone Perrotta jelang bubaran. Baru menjejakkan lapangan kurang dari sepuluh menit menggantikan Osvaldo, gelandang veteran itu sukses menyambut umpan terukur Totti dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti menaklukkan Frey.

Susunan Pemain:
Roma (3-4-2-1): Stekelenburg; Piris, Burdisso, Romagnoli; Torosidis, De Rossi, Pjanic(Bradley 39′), Balzaretti (Marquinho 56′); Lamela, Totti; Osvaldo (Perrotta 81′).
Cadangan: Goicoechea, Lobont, Dodò, Taddei, Tachtsidis, Florenzi, Lucca, Lopez.

Genoa (3-5-2): Frey; Bovo, Portanova, Moretti; Pisano (Jorquera 61′), Kucka, Tozser(Immobile 61′), Vargas, Antonelli; Bertolacci (Rigoni 72′); Borriello.
Cadangan: Tzorvas, Donnarumma, Ferronetti, Jankovic, Cassani.


EmoticonEmoticon