Juventus kembali menapaki lagi kejayaan di liga champions






Untuk kali pertama dalam tujuh musim terakhir Juventus lolos ke perempatfinal Liga Champions. Sukses Bianconeri mendepak Celtic bisa menandai kebangkitan kembali mereka di kompetisi elit tersebut.

Setelah menjalani periode hukuman di Seri B akibat skandal Calciopoli, ini adalah musim kedua Juventus balik ke ajang Liga Champions. Sebelumnya, di musim 2008/2009 mereka berhasil menembus kompetisi antarklub terbaik Eropa tersebut, dan harus rela tersingkir oleh Chelsea di babak 16 besar.

Juventus bisa punya modal lebih baik saat kembali masuk Liga Champions di musim 2012/2013 ini. Dasarnya tentu saja status mereka sebagai jawara Seri A, di mana mereka meraihnya tanpa terkalahkan.

Dan perjalanan Gianluigi Buffon dkk di Liga Champions sejauh ini cukup mengesankan. Tak terkalahkan di fase grup dan lolos sebagai pemuncak klasemen, 'Si Nyonya Tua' tampil perkasa di babak 16 besar.

Saat harus melawat ke Celtic Park yang terkenal angker, Juventus justru bisa menang telak 3-0. Sementara dinihari tadi di Juventus Stadium, dua gol Alessandro Matri dan Fabio Quagliarella memberi tuan rumah kemenangan meyakinkan lainnya dengan skor 2-0. Secara agregat Juve unggul mutlak 5-0

Bardasarkan catatan Opta, ini adalah kali pertama Juventus lolos ke peremparfinal Liga Champions sejak musim 2005/2006. Langkah Juventus ketika itu dihentikan Arsenal di delapan besar.

Terkait keberhasilan lolos ke perempatfinal musim ini, Juventus menandainya dengan catatan clean sheet dalam lima pertandingan terakhir. Kali terakhir gawang Juventus bobol adalah saat bermain imbang 1-1 dengan Shakhtar Donetsk di matchday kedua.

Sepanjang sejarah keikutsertaannya di kompetisi Eropa, ini adalah kali ketiga Juventus mencatatkan lima clean sheet secara beruntun. Sebelumnya mereka menorehkan catatan bagus tersebut di tahun 1964 dan 2004.

Kemenangan atas Celtic juga menandai laga kandang ke-100 Juventus di Piala/Liga Champions. Dalam rangkaian tersebut mereka meraih 72 kemenangan, 19 hasil imbang dan delapan kekalahan.

Langkah Juventus untuk masuk final dan kemudian menjadi juara memang masih panjang. Namun dengan penampilan impresif yang dipertunjukkan di fase grup dan kemenangan mutlak atas Celtic, mereka bisa saja mengulang sukses menjadi juara seperti yang terakhir diraih tahun 1996. Sebagai catatan, Juventus menjadi runner up Liga Champions di tahun 1997, 1998 dan 2003.


EmoticonEmoticon